Apa itu SIMAWASPAGI?
Sistem Informasi Kewaspadaan Pangan dan Gizi (SIMAWASPAGI) merupakan aplikasi inovasi digital dari Pusat Komando Ketahanan Pangan dan Peternakan Jawa Barat yang menyediakan data dan sistem informasi terkait parameter Ketahanan Pangan dan Gizi dari setiap kabupaten/kota di Jawa Barat secara terintegrasi untuk memberikan arah dan rekomendasi bagi para pembuat keputusan dalam penyusunan program, kebijakan, serta pelaksanaan intervensi di tingkat provinsi dan kota/kabupaten.
Apa itu Dashboard dan Dataset pada SIMAWASPAGI?
Dashboard merupakan kumpulan informasi ketahanan pangan dan gizi tingkat provinsi dan kota/kabupaten berupa infografis yang mudah dipahami dan terdapat hasil analisis dari para analis ketahanan pangan yang dapat dijadikan acuan untuk penyusunan kebijakan, program, dan kegiatan intervensi di tingkat provinsi dan kota/kabupaten.
Dataset merupakan koleksi data tentang ketahanan pangan, gizi dan data pendukung yang bisa diunduh dan diolah kembali sesuai dengan kebutuhan data pengguna. Koleksi dataset ini berasal dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah Jawa Barat dan Kementerian Republik Indonesia
Bagaimana cara login pada SIMAWASPAGI?
Login pada SIMAWASPAGI hanya diperlukan untuk mengakses dashboard eksekutif saja sedangkan untuk mengakses fitur lainnya dapat digunakan tanpa harus login. Untuk login dapat menggunakan akun SSO Jabar atau menggunakan username dan password pada akun SIMAWASPAGI. Apabila tidak memiliki akun SSO Jabar dan SIMAWASPAGI dapat menghubungi Pusat Komando Ketahanan Pangan Jawa Barat di sini>
Bagaimana cara penghitungan skor ketahanan pangan pada SIMAWASPAGI?
Cara penghitungan skor ketahanan pangan pada SIMAWASPAGI menggunakan teknis skor komposit dari indikator-indikator ketahanan pangan dan gizi per masing-masing pilar ketahananan pangan. Acuan penggolongan dan rangenya berdasarkan pada Juknis Sistem Pasokan dan Harga Pangan Badan Pangan Nasional (2022) serta pakar dan analis ketahanan pangan.
Bagaimana pengumpulan data dan waktu update data dari SIMAWASPAGI?
Pengumpulan data pada SIMAWASPAGI berasal dari kolaborasi dengan sistem pengumpulan data yang sudah ada pada masing-masing OPD di Jawa Barat dan Instansi Pusat sehingga para OPD cukup mengisi data pada sistem yang sudah ada dan akan otomatis terupdate di SIMAWASPAGI. Waktu update data pada SIMAWASPAGI menyesuaikan pada update data dari OPD. Untuk waktu update dashboard eksekutif menggunakan skala mingguan.